Wednesday, November 23, 2011

Di Pagi Hari Detak Jantung Terasa Rendah, Tanda Fungsi Jantung Optimal

 Banyaknya detak jantung yang terjadi dalam 1 menit bisa memberitahu banyak tentang kesehatan. Ternyata tingkat detak jantung yang rendah di pagi hari mengindikasikan kondisi kesehatan yang baik.

Detak jantung bisa menunjukkan tanda kesehatan termasuk fungsi jantung, adanya infeksi serta tingkat kebugaran secara keseluruhan. Meski begitu detak ini dipengaruhi oleh kondisi saat olahraga dan istirahat, usia, obat yang diresepkan serta posisi tubuh.


Detak jantung saat pagi hari juga dikenal sebagai tingkat jantung istirahat. American Heart Association menuturkan bahwa detak jantung sebelum turun dari tempat tidur setelah tidur di malam hari rata-rata 60-80 kali per menit.

Orang yang secara fisik sehat cenderung memiliki detak jantung yang lebih rendah saat beristirahat dibanding dengan orang yang secara fisik tidak sehat seperti terlalu gemuk atau kurus.

Tingkat detak jantung yang rendah di pagi hari mengindikasikan kesehatan yang baik serta efisiensi fungsi jantung yang optimal, seperti dikutip dari Livestrong, Kamis (24/11/2011).

Seseorang yang memiliki detak jantung melebihi 100 di pagi hari kemungkinan memiliki kondisi yang dikenal sebagai tachycardia yang bisa meningkatkan risiko stroke atau menyebabkan serangan jantung mendadak serta kematian.

Sedangkan jika detak jantungnya terlalu rendah atau berada di bawah 60 maka kemungkinan bisa mengalami bradikardia yaitu masalah serius yang mana jantung tidak memompa cukup darah yang kaya akan oksigen.

Untuk mengukur detak jantung ini bisa dengan mengukur denyut nadi di bagian bawah pergelangan tangan (atau bisa juga detak di leher, bagian belakang lutut atau dekat pangkal paha) selama 10 detik lalu mengalikannya dengan 6. Hasil perkalian itu menunjukkan detak jantung yang ada. (sumber:detikhealth.com)

No comments:

Post a Comment