Tuesday, May 29, 2012

KEBIJAKAN PENGHEMATAN ENERGI DARI PERMERINTAH SBY


KEBIJAKAN PENGHEMATAN ENERGI DARI PERMERINTAH SBY |  Penghematan energi terus di galakan oleh pemerintah SBY, hal ini berkaitan dengan sumber daya energi yang terus berkurang dan tidak bisa terbarukan, penghematan energi khususnya BBM ini lebih ditekankan kepada aparatur pemerintah, industri, dan transportasi umum
  Inilah kebijakan pemerintah dalam mengajak masyarakat untuk berhemat sumber energi:

1. Pengendalian sistem distribusi di setiap SPBU dengan kemajuan teknologi informasi yang sudah ada. Langkah ini untuk menjamin konsumsi BBM dapat dikendalikan secara transparan dan akuntabel. Memastikan BBM subsidi hanya bagi mereka yang berhak, jumlahnya pun harus tepat. Untuk mencegah kelangkaan BBM, Pertamina akan menjaga pasokan sesuai kuota daerah.
2. Pelarangan BBM subsidi untuk kendaraan pemerintah, baik pusat maupun daerah.Langkah ini kita lakukan dengan cara pemberian stiker khusus. Jajaran pemerintah pusat harus memberikan contoh nyata, dengan subsidi yang besar, benar-benar tepat sasaran dan sesuai.
3. Pelarangan BBM subsidi untuk kendaraan perkebunan dan pertambangan. Pengawasan dilakukan dengan pemberian stiker pula, harus pula dilakukan dengan kontrol yang ketat. selanjutnya untuk memenuhi kebutuhan BBM, Pertamina akan menambah SPBU BBM nonsubsidi di daerah pertambangan dan perkebunan.
4. Konversi BBM ke BBG untuk transportasi harus menjadi program utama nasional sebagai upaya mengurangi ketergantungan pada BBM. Pada tahun ini akan dibangun stasiun pengisian gas baru sebanyak 33 stasiun. Pemerintah akan membagikan 15 ribu converter kit bagi angkutan umum. Diversifikasi BBM ke BBG efektivitasnya baru akan dirasakan 2013 mendatang, namun langkah penting untuk ikut menjaga kelestarian lingkungan.
5. Penggunaan penghematan listrik dan air, serta penghematan penerangan jalan yang semuanya mulai diberlakukan mulai bulan Juni. 
sumber:inilah.com
Artikel Terkait




No comments:

Post a Comment