Sunday, June 12, 2011

Peneliti Tumbuhkan Sel Otak dari Sel Kulit

Rekayasa biologi kembali melahirkan temuan baru. Kali ini, ilmuwan dari Lund University, Swedia, mampu menumbuhkan sel otak dari sel kulit.

"Awalnya kami tidak yakin bisamelakukannya, namun kami menemukan hasil yang mengejutkan setelah mencoba teknik ini," ujar Kepala Penelitian, Malin Parmar.



Teknik mengubah fungsi sel ini sangat sederhana. Peneliti memprogram ulang fibroplast, yaitu jaringan penghubung pada sel. Caranya, dengan memprogram tiga gen pada sel kulit yang diketahui bekerja aktif saat pembentukan sel otak janin. Hasilnya, sel kulit berganti fungsi menjadi sel otak karena tanggap terhadap perintah.

Pada percobaan lain, peneliti mengaktifkan dua gen tambahan pada sel kulit. Percobaan ini mampu menghasilkan sel dopamin otak yang rusak pada penderita parkinson. Temuan ini memberikan harapan baru bagi penyembuhan parkinson karena memungkinkan dilakukannya transplantasi sel saraf buatan.

"Gagasan luar biasa ini masih harus dikembangkan, namun kami yakin penyembuhan penderita parkinson bisa dilakukan dengan transplantasi sel," kata Parmar.

ANTON WILLIAM

No comments:

Post a Comment